Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Religius Dan Sikap Peduli Sosial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52051/ulumulsyari.v12i1.208Keywords:
karakter religius, pendidikan Agama Islam, moralitasAbstract
Tujuan penelitian ini ada tiga: (1) memahami bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berkontribusi terhadap pembentukan karakter religius dan kepedulian terhadap sesama siswa SMK Plus Al-Farhan; (2) mempelajari bagaimana implementasi pendidikan Islam mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa dan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain; dan (3) mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berkontribusi terhadap pembentukan karakter religius dan kepedulian terhadap pembentukan karakter religius di kalangan siswa SMK Plus Al-Farhan. Metode kualitatif berdasarkan analisis deskriptif digunakan di sini. Wawancara mendalam, catatan lapangan, dan catatan lain digunakan untuk menyusun informasi ini. Teori reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman digunakan dalam proses ini. Untuk memastikan keandalan data, triangulasi digunakan. Untuk menanamkan karakter religius yang kuat pada siswa SMK Plus Al-Farhan dan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain, temuan menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran PAI dilaksanakan melalui penyusunan silabus, sosialisasi silabus, dan penyusunan RPP. (2) Di SMK Plus Al-Farhan, siswa terlibat dalam PAI baik di dalam maupun di luar kelas untuk menumbuhkan pertumbuhan pribadi dan perkembangan spiritual, serta rasa tanggung jawab terhadap masyarakat luas. (3) Di SMK Plus Al-Farhan, karakter religius dan sikap peduli sosial siswa ditunjang melalui evaluasi pembelajaran PAI melalui penilaian autentik, penilaian kriteria acuan, dan evaluasi hasil akhir pembelajaran. Tesis ini menunjukkan bahwa pemanfaatan PAI untuk membentengi moral dan kepedulian terhadap sesama merupakan proses yang membentuk, mengubah, dan menumbuhkembangkan potensi peserta didik di seluruh Indonesia untuk memastikan bahwa mereka mempertahankan standar keunggulan yang tinggi dalam pemikiran, hati, dan tindakan mereka sepanjang hidup mereka.