Penerapan Etika Bisnis Islam Di Zaman Digital (Studi Pada Bukalapak.com)

Authors

  • Muhammad Rusli
  • Muh Rifki Alisyah

Keywords:

marketplace daring, bisnis online, maqasid syariah

Abstract

Bukalapak adalah penyedia tempat jual beli online yg memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dengan system keamanan yang terpercaya, yang memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirim oleh pelapak. Permasalahan yang kerap kali terjadi ketika barang yang dipasang pada halaman lapak tidak sesuai dengan deskripsi. Etika bisnis berarti seperangkat prinsip dan norma dimana para pelaku bisnis harus komit padanya dalam bertransaksi, berperilaku dan berelasi guna mencapai “daratan” atau tujuan-tujuan bisnisnya dengan selamat. Marketplace bukalapak berupaya untuk menjalankan transaksi sesuai dengan etika bisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. Sikap-sikap seperti jujur, adil, ramah, cakap, senang membantu pelanggan, menjaga hak-hak konsumen, dan tidak menjelekkan bisnis orang lain. Namun, terdapat beberapa aspek yang belum terpenuhi diakibatkan beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Yaitu dari pengguna bukalapak yang menggunakannya dengan cara-cara yang tidak dibernarkan

Downloads

Published

2021-01-30