TELAAH ATAS SANAD SERTA MATAN HADIS KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM PEMIKIRAN ISLAM

Authors

  • Abdurrohim

Keywords:

ulumuddin, dikotomi, segregasi

Abstract

Hadits sebagai sumber normatif kedua setelah Al-Qur’an telah menyajikan banyak informasi dan menjadi khazanah inspiratif bagi para ilmuan Muslim. Termasuk hadis tentang keutamaan menuntut ilmu dari Imam Bukhari yang sangat masyhur. Tulisan ini mencoba mengkaji secara komprehensif hadits tersebut, baik dari sisi sanad periwayatannya, maupun analisis matan hadis untuk menemukan nilai-nilai ideal moral hadits tersebut dalam konteks pada masa kini. Persoalan ini menjadi sangat penting di masa sekarang, melihat telah terjadinya proses segregasi antara ilmu-ilmu agama (ulumuddin) dan ilmu-ilmu non-agama. Akibat dari proses dikotomisasi ini, umat Islam jauh tertinggal dalam penguasaan sains dan teknologi. Bisa jadi hal itu terjadi karena salah memaknai hadits-hadits tentang pentingnya menuntut ilmu.

Downloads

Published

2020-01-29