Pengaruh Religiusitas, Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal

Authors

  • Bessek Jamalia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Religiusitas, harga dan kualitas, Produk Halal

Abstract

Pengaruh perkembangan pembangunan pada sektor komersial, terutama dalam meningkatkan produk makanan dengan kemasan menarik, telah menjadi perhatian dan tantangan bagi Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar. Untuk menguji hipotesis terkait hal ini, dilakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan variabel penelitian dan metode statistik untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian produk halal di Kota Jambi. Hal ini dibuktikan oleh nilai thitung untuk variabel persepsi kemudahan, harga, dan kualitas produk yang lebih besar dari ttabel dengan nilai sig kurang dari 0,05. Berdasarkan analisis lebih lanjut, pengaruh secara bersama-sama dari variabel religiusitas, harga, dan kualitas produk juga signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel dan nilai signifikansi yang diperoleh. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menolak H0 dan menerima H1, menunjukkan bahwa religiusitas, harga, dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal di masyarakat Kota Jambi. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi preferensi pembelian produk halal, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan di sektor makanan halal.

Downloads

Published

2023-07-31